Agenda

Balai Penelitian Sungei Putih, sebagai lembaga penelitian, memiliki tugas menyampaikan hasil-hasil inovasi penelitian di bidang perkaretan yang telah dikembangkan selama ini. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan nilai potensi perkebunan karet agar menjadi lebih optimal melalui penerapan teknologi-teknologi terkini. Oleh karena itu diperlukan wadah khusus sebagai sarana bagi para masyarakat perkaretan untuk betukar gagasan terkait permasalahan yang terjadi di lapangan. Wadah tersebut tertuang dalam beberapa kegiatan yaitu: Workshop, Pelatihan, Magang siswa/mahasiswa, diskusi antar lembaga penelitian, dan studi banding.

Workshop

Worksop merupakan kegiatan tukar fikiran antar pelaku agribisnis karet terkait teknologi terbaru yang telah dikembangkan untuk menjawab permasalahan yang ditemui di perkebunan karet. Umumnya kegiatan dibagi menjadi dua sesi: materi dan kunjungan lapangan (field trip). Balai penelitian Sungei Putih akan mengadakan Workshop pada bulan September 2017 bertema profitabilitas kebun karet melalui teknologi terbaru.

Workshop eksploitasi sadap karet

Pelatihan

Kegiatan ini umumnya diikuti oleh para petani karet yang memerlukan informasi tentang budidaya tanaman karet. Materi yang diperoleh meliputi: persiapan lahan, pengenalan dan pemilihan klon unggul, penyiapan bahan tanam, pemeliharaan, dan penyadapan. Materi disampaikan oleh para peneliti yang ahli di bidangnya masing-masing. Agar semakin faham, para peserta dilanjutkan mengikuti praktek di lapangan.

Pelatihan budidaya karet

Magang siswa/mahasiswa

Kegiatan magang merupakan sarana pembekalan bagi siswa/mahasiswa tentang budidaya tanaman karet. Pembekalan meliputi praktek lapangan di Kebun Percobaan Balai Penelitian Sungei Putih dan materi (diskusi) yang disampaikan oleh para peneliti.magang mahasiswa balit karet sei putih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *