Buku Saku

Balai Penelitian Sungei Putih, Pusat Penelitian Karet merupakan lembaga penelitian yang berupaya untuk menghasilkan inovasi teknologi perkaretan mulai dari hulu (pra panen) sampai hilir (pasca panen). Sampai saat ini telah dihasilkan berbagai macam inovasi yang siap untuk digunakan oleh para pelaku usaha karet. Agar lebih mudah dalam memahami dan mengaplikasikan inovasi tersebut maka diterbitkanlah buku saku yang berisikan metode praktis dalam berbudaya tanaman karet. Beberapa buku saku yang telah terbit yaitu: Teknik Penyiapan Lahan dan Penanaman Karet, Bahan Tanaman Klon Karet Unggul, Teknologi Terkini Pengadaan Bahan Tanam Karet Unggul, Pemeliharaan Tanaman Karet Belum Menghasilkan, Pengenalan dan Pengendalian Penyakit pada Tanaman Karet, Pedoman Penyadapan Tanaman Karet, dan Fungsi, Manfaat dan Pelaksanaan Tap Inspeksi pada Perkebunan Karet. Buku saku tersebut secara berkala akan dilakukan pemutakhiran konten yang sesuai dengan perkembangan penelitian yang ada.

Teknik Penyiapan Lahan dan Penanaman Karet

Penyiapan Lahan Tanaman KaretSalah satu komponen penting dalam menentukan keberhasilan usaha perkebunan karet yaitu pada periode penyiapan lahan dan penanaman. Telah terbukti dan banyak dijumpai pada pembukaan lahan baru atau penanaman ulang areal perkebunan karet yang dipersiapkan dengan baik, maka produktivitas pada awal penyadapan dan produksi kg/ha/th lebih tinggi dibandingkan dengan areal perkebunan karet yang dipersiapkan dengan teknik tradisional. Buku saku ini berisikan petunjuk praktis panduan bagi para pekebun untuk membuka lahan dan meremajakan perkebunan karet.

Bahan Tanaman Klon Karet Unggul

Buku Saku Klon Karet UnggulKegiatan pemuliaan dan seleksi tanaman karet di Indonesia telah berlangsung sejak lama dan telah menghasilkan banyak klon-klon karet unggul baik sebagai penghasil lateks maupun lateks-kayu. Sejumlah klon telah dilepas oleh Menteri Pertanian sebagai benih bina yang dapat dikembangkan untuk penanaman secara komersial. Fakta menunjukkan penggunaan klon unggul dapat secara signifikan meningkatkan produktivitas kebun dan efisiensi usaha. Buku saku ini memuat informasi-informasi penting dari berbagai klon unggul berkaitan dengan potensi produksi, karakteristik sifat sekunder dan berbagai ciri utama lainnya pada tanaman dewasa dan tanaman di kebun entres.

Teknologi Terkini Pengadaan Bahan Tanam Karet Unggul

Bahan Tanam Karet Stum dllPenggunaan bahan tanaman (bibit) karet yang tidak bermutu akan menimbulkan dampak sangat merugikan bagi pelaku agribisnis karet. Sifat unggul suatu klon harus terduplikasi dan tertransfer secara sempurna ke pertanaman yang lebih luas di lapangan. Kekeliruan dlam penyiapan dan pengadaan bahan tanaman (bibit) akan berdampak pada beredarnya bibit tidak bermutu atau bibit asalan. Oleh karena itu teknologi mengenai penyiapan dan pengadaan bibit karet bermutu benar-benar harus dikuasai. Buku saku ini berisikan informasi teknologi terkini mengenai penyiapan dan pengadaan bibit karet bermutu.

Pemeliharaan Tanaman Karet Belum Menghasilkan

buku TBM karetProduktivitas tanaman karet dan lamanya masa tanaman belum menghasilkan (TBM) sangat dipengaruhi oleh tingkat pemeliharaan tanaman karet pada masa TBM. Hal tersebut selanjutnya kan meningkatkan margin keuntungan dan akhirnya memperkuat daya saing industri perkebunan karet. Buku saku ini memuat informasi terkini mengenai pemeliharaan tanaman karet selama masa TBM yang meliputi penyisipan, manajemen tajuk, pengendalian gulma, pengendalian penyakit, dan pemupukan.

Pengenalan dan Pengendalian Penyakit pada Tanaman Karet

Buku pengendalian Penyakit Tanaman KaretSalah satu faktor pembatas produksi yang penting pada tanaman karet adalah penyakit. Faktor ini umumnya memerlukan biaya pengendalian yang besar dan bahkan dapat menggagalkan usaha perkebunan karet. Penyakit karet dapat dijumpai mulai dari tanaman di pembibitan sampai tanaman akan ditumbang. Oleh karena itu diperlukan upaya pengenalan dan sekaligus pengendalian penyakit secara biologi, maupun kimiawi. Buku saku ini menguraikan tentang berbagai penyakit serta upaya praktis mengenali gejala penyakit pada tanaman karet dan cara-cara pengendaliannya.

Pedoman Penyadapan Tanaman Karet

Eksploitasi / Penyadapan Karet bukuPenyadapan atau eksploitasi merupakan salah satu faktor penting dalam industri perkebunan karet karena akan mempengaruhi tingkat produktivitas kebun. Sistem eksploitasi tanaman karet meliputi sistem sadap, tata guna panel dan stimulasi yang dihubungkan dengan jenis klon, umur tanaman, variasi musiman dan aspek lingkungan lainnya. Buku saku ini memuat secara singkat filosofi penyadapan, persiapan dan pelaksanaan penyadapan serta gangguan penyadapan.

Fungsi, Manfaat dan Pelaksanaan Tap Inspeksi pada Perkebunan Karet

buku Tap Inspeksi sadapKesinambungan produktivitas di perkebunan karet sangat ditentukan oleh pelaksanaan tap inspeksi yang konsisten dan objektif. Tanpa itu, sistem penyadapan yang direkomendasikan tidak memberikan hasil yang memuaskan, terutama dalam jangka panjang. Oleh karena itu, tap inspeksi merupakan suatu sistem manajemen yang tidak dapat dipisahkan dari manajemen panen secara keseluruhan. Buku saku ini memuat informasi dasar perihal pedoman pelaksanaan tap inspeksi dan contoh-contoh penilaian kerja dari seorang tenaga penyadap dan yang lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *