Kerjasama Peningkatan Produktivitas TM Karet

PTPN III telah mengadakan kerjasama dengan Balai Penelitian Sungei Putih, Pusat Penelitian Karet perihal pengawalan peningkatan produktivitas TM karet Tahun 2017. Kerjasama pengawalan TM ini bertujuan untuk mengoptimalkan produktivitas sesuai dengan kapasitas dan potensi tanaman agar mencapai umur ekonomis yang berkelanjutan. Tindaklanjut dari kerjasama yang telah disepakati, maka dilakukan kegiatan kunjungan dan evaluasi pada tanggal 25 September – 11 Oktober 2017 di semua kebun-kebun karet Lingkup PTPN III.

Kunjungan kebun terbagi menjadi 4 tim. Tim 1 oleh Atminingsih, MP dan M. Rizqi Darojat, S.Si mengunjungi Kebun Tanah Raja, Kebun Labuhan Haji, Kebun Mambang Muda,  Kebun Sei Silau, Kebun Ambalutu, Kebun Pulau Mandi, Kebun Dusun Hulu, dan Kebun Bangun. Kunjungan ke Kebun Sei Putih, Kebun Silau Dunia, Kebun Gunung Para, Kebun Gunung Pamela dan Kebun Bandar Betsy dilakukan oleh Tim 2 yaitu Dr. Radite Tistama dan Arief Rachmawan, M.Si. Kunjungan ke Kebun Sarang Giting, Kebun Rambutan, Kebun Merbau Selatan, Kebun Rantau Prapat, Kebun Aek Nabara Utara, Kebun Hapesong dan Kebun Batang Toru dilakukan oleh Tim 3 yaitu Junaidi, MS dan Mochlisin Andrianto, SP. Kunjungan ke Kebun Karang Inong Aceh dilakukan oleh Tim 4 yaitu Dr. Radite Tistama dan Priyo Adi Nugroho, M.Si.

Hasil kunjungan disajikan dalam bentuk laporan tertulis tentang kondisi faktual perfoma tanaman di lapang dan disertai matriks rekomendasi. Metode pengumpulan data dilakukan berdasarkan laporan LM 76, RKAP 2017 dan data data pendukung lainnya. Sedangkan pengumpulan informasi produksi kondisi kebun dilakukan dengan mengkroscek data dengan kondisi tanaman terkini saat kunjungan dan diskusi di lapang.

Ucapan terima kasih dan penghargaan kepada PTPN III atas kepercayaan yang telah diberikan kepada Balai Penelitian Sungei Putih, Pusat Penelitian Karet untuk dapat melaksanakan pengawalan TM di kebun Lingkup PTPN III. Kami juga menyampaikan banyak terimakasih kepada Kepala Bagian Tanaman, para Distrik Manajer, para Manajer, para Askep, dan para Asisten kebun lingkup PTPN III serta seluruh karyawan yang telah membantu pelaksanaan evaluasi di lapangan maupun di kantor kebun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *