Selamat Datang

selamat datang balit sungei putih

Selamat Datang di BalitSungeiPutih.com, laman online Balai Penelitian Sungei Putih. BalitSungeiPutih.com merupakan website baru rebranding dari nama sebelumnya, Balitsp.com. Dengan wajah dan tampilan yang berbeda, situs ini merupakan cerminan semangat muda dan jiwa dinamis yang saat ini menjadi lokomotif utama Balai Penelitian Sungei Putih. Portal BalitSungeiPutih.com akan memotret dan merekam perjalanan spirit kebersamaan serta tata nilai “Jujur – Kreatif – Peduli” menuju era generasi baru Balai Penelitian Sungei Putih.

Balai Penelitian Sungei Putih, yang merupakan salah satu unit kerja Puslit Karet, menghasilkan beberapa produk unggulan yang telah dimanfaatkan oleh para stakeholder dunia perkaretan. Beberapa diantaranya berupa bahan tanam karet klon unggul, biofungisida pengendali jamur akar putih (Triko SP Plus), formulasi pupuk tanaman karet, alat kontrol sadap (TAP SP) maupun buku saku dan artikel perkaretan. Klon karet unggul yang telah dihasilkan antara lain IRR 112, IRR 118, IRR 220 dan IRR 230. Selain klon tersebut, Balit Sei Putih menyediakan bahan tanam dari klon lain, misalnya PB 260 dan RRIC 100, dalam bentuk entres, stum okulasi mata tidur (OMT) maupun bibit dalam polibeg. Biji karet untuk batang bawah juga dapat disediakan pada musim tertentu.

Balit Sungei Putih juga terus berinovasi untuk menghasilkan karya dan produk yang bermanfaat bagi agribisnis karet. Beberapa produk baru yang menuju tahap komersial adalah Bio-C (pengendali penyakit jamur upas), Bi-Cut (pisau sadap ergonomis) dan Talub (rainguard alternatif). Produk tersebut telah dan sedang menjalani uji lapangan untuk mengkonfirmasi efektifitas dan keunggulannya.

Balit Sungei Putih juga melaksanakan kegiatan pelayanan dan jasa dalam agribisnis perkaretan. Kegiatan pelayanan dan jasa ditujukan kepada perkebunan pemerintah dan swasta, petani karet, mapun institusi perkebunan. Pelayanan dan jasa Balit Sungei Putih meliputi konsultasi teknis, pelatihan & magang, pengawalan teknologi, rekomendasi pemupukan, survei, studi kelayakan, pemurnian klon maupun jasa analisa laboratorium.

Balit Sungei Putih juga melakukan kerjasama usaha dengan berbagai pihak dengan prinsip saling menghormati dan memberikan kemanfaatan bersama. Kerjasama usaha tersebut diantaranya berupa waralaba bibit kelapa sawit bersama Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS) dan kerjasama intercropping tanaman hortikultura. Balit Sungei Putih juga menyediakan bibit tanaman antara lain bibit durian, buah naga dan lengkeng.

Sekali lagi Selamat Datang, dan terima kasih atas kunjungan serta kepercayaan para stakeholder kepada Balai Penelitian Sungei Putih. Semoga Balai Penelitian Sungei Putih dapat terus berkontribusi untuk kemajuan agribisnis perkaretan Indonesia.

Plt. Kepala Balai,

Priyo Adi Nugroho, M.Si

2 thoughts on “Selamat Datang”

  1. Yth bpk/ibu:
    Apakah bisa beli bibit karet unggul langsung ke puslit karet ini ? Jika yg beli perorangan dan jumlah sekitar 2000 btg ? Bagaimana prosedurnya ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *