Inhouse Training Budidaya Tanaman Karet

Kualitas bahan tanam dan pengolahan lahan yang standar merupakan titik awal dalam budidaya tanaman karet. Jika kedua hal tersebut tidak terpenuhi dengan baik, tentu saja akan menimbulkan masalah di lapangan. Persoalan penyakit dan penurunan jumlah tegakan merupakan momok besar bagi pekebun. Di sisi lain budidaya tanaman karet saat ini mengalami krisis / kekurangan tenaga profesional dalam melaksanakan identifikasi dan pengendalian penyakit sejak dini. Akibatnya penyakit akan terlihat ke permukaan setelah mencapai stadium akhir. Untuk membantu menyelesaikan persoalan kurangnya tenaga profesional dalam bidang budidaya tanaman karet, Balai Penelitian Sungei Putih menawarkan pelatihan atau inhouse training yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi karyawan terutama karyawan lapangan. Beberapa hal yang berkaitan dengan kegiatan pelatihan / inhouse training yang perlu kami sampaikan antara lain:

  • Teknik pembangunan bibitan tanaman karet
  • Identifikasi dan pengenalan klon karet unggul
  • Optimasi kejaguran dan pertumbuhan tanaman karet (deteksi kemurnian klon, induksi percabangan, pemupukan dan pengendalian penyakit)
  • Deteksi dini penyakit jamur akar putih
  • Penyadapan sesuai dengan tipologi klon dan kondisi tanaman

Untuk informasi biaya dan waktu pelaksanaan, dapat menghubungi Ernita Bukit (0821-1208-0053)

Balai Penelitian Sungei Putih, Pusat Penelitian Karet memiliki teknologi pengolahan karet alam menjadi produk siap pakai yang dapat dikelola oleh usaha kecil menengah seperti pembuatan karet gelang, sol sepatu, balon, bantal dan cinderamata yang menggunakan bahan baku karet. Jika Saudara berminat untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi staf kami: Ernita Bukit (0821-1208-0053).

Untuk mendukung program peremajaan perkebunan rakyat terutama karet dan kelapa sawit, Balai Penelitian Sungei Putih menyediakan bahan tanam. Untuk tanaman karet, kami menyediakan biji, somt dan polibeg, sedangkan untuk tanaman kelapa sawit, kami menyediakan main nursery (kecambah asli dan bersertifikat dari PPKS). Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi: Yudi (0813-6131-1379)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *