Visi Misi

visi misi balit sungei putihBalit Sungei Putih adalah lembaga litbang yang memegang peranan penting dalam membantu tercapainya tujuan pembangunan pertanian khususnya di bidang agribisnis berbasis karet di Indonesia. Balit Sungei Putih bertugas melaksanakan penelitian dan pengembangan serta memberikan pelayanan kepada stakehollder dan institusi lain (Perkebunan swasta, petani, dan instansi terkait). Tagline Balit Sungei Putih, Puslit Karet adalah Inovasi Untuk Negeri, sedangkan tata nilai adalah Jujur Kreatif Peduli.

Visi: Menjadi lembaga penelitian, pengembangan dan pelayanan terkemuka, mandiri, serta berperan aktif dalam mewujudkan usaha agribisnis karet nasional yang berdaya saing tinggi, mensejahterakan, berwawasan lingkungan dan berkelanjutan.

Misi:

  1. Menghasilkan inovasi, merekayasa dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang diperlukan bagi pengembangan sistem dan usaha agribisnis karet untuk mendukung pencapaian tujuan pembangunan nasional.
  2. Memasyarakatkan inovasi teknologi kepada pengguna.
  3. Mendorong peningkatan kinerja industri berbasis karet di dalam negeri, melalui introduksi dan inovasi teknologi serta pelayanan yang proaktif.
  4. Mendorong terciptanya industri berbasis karet yang ramah lingkungan guna mempertahankan kelestarian agroindustri.
  5. Melakukan upaya-upaya yang mengarah pada kemandirian institusi secara finansial melalui kegiatan dan usaha yang berbasis kompetensi.

Tagline Inovasi untuk Negeri berarti bahwa inovasi yang dihasilkan merupakan karya dari peneliti anak negeri dan diprioritaskan untuk kemajuan negeri.

Tata nilai Jujur mengandung semangat kelurusan hati dan tidak berbohong dengan perkataaan dan tindakan, tidak curang dalam pekerjaan dan mengikuti aturan yang berlaku serta berprilaku dapat dipercaya, setia, adil, tulus dan ikhlas.

Tata nilai Kreatif mengandung spirit kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru, baik berupa gagasan, maupun produk yang relatif berbeda dengan apa yang telah ada.

Tata nilai Peduli berarti sebuah sikap keberpihakan kepada perusahaan untuk melibatkan diri dalam persoalan, keadaan atau kondisi yang terjadi di sekitarnya. Orang-orang peduli adalah mereka yang terpanggil melakukan sesuatu dalam rangka memberi aspirasi, perubahan, dan kebaikan kepada perusahaan dan lingkungan.